Thursday, January 12, 2012


HUB
ü  PEN
GULANG….???
SWITCH
PENGUMPUL….???

1.       Apakah benar  HUB  itu untuk pengulang data…???
2.       Apakah benar SWITCH  itu untuk pengumpul data…??
ü  SWITCH – HUB
1.       Apa persamaannya..???
2.       Apa perbedaannya..???




HUB.
APA ITU HUB…????
Hub adalah Perangkat berfungsi untuk menghubungkan serta mengatur komunikasi / transfer data antar komputer yang terhubung, Komputer dihubungkan ke Hub dengan menggunakan kabel STRAIGHT.  Singkat nya hub di sebut juga sebagai "penghubung". Hub ini ada bermacam merk dan daya tampung koneksinya.

SWITCH

APA ITU SWITCH..???
Switch adalah suatu perangkat yang di gunakan di layer data-link. Sama hal nya dengan hub, switch menghubungkan banyak hosts ke network. Namun tidak seperti hub, sebuah switch bisa langsung meneruskan pesan ke tempat yang dituju tanpa membroadcast pesan tersebut ke semua host. Ketika suatu host mengirim pesan ke host lain dalam jangkauan switch, switch tersebut menerima dan menerjemahkan frame dari pesan tersebut untuk membaca MAC address nya.
Dalam melakukan pekerjaannya switch biasanya membuat sebuah tabel yang biasa disebut tabel MAC address. Tabel tersebut berisi daftar port-port yang aktif dan MAC address dari host – host yg terhubung dengan switch tersebut. Ketika pesan dikirimkan antar host, switch mengecek apakah alamat tujuan dari pesan tersebut ada di dalam tabelnya atau tidak. Jika ada, switch akan membuat koneksi sementara antara port pengirim dan penerima. Kemudian suatu jaringan khusus akan terbentuk sehingga kedua host tersebut bisa berkomunikasi. Host-host lain yang terhubung dengan switch tersebut tidak akan mendapakan share bandwith dari jaringan tersebut dan mereka tidak akan menerima kiriman yang memang tidak di tujukan kepada mereka.
Setiap ada pengiriman pesan baru, koneksi / jaringan khusus seperti di atas akan dibuat, hal ini mencegah terjadinya tabrakan pesan ketika ada 2 host mengirimkan pesan pada saat yang bersamaan.
Bagaimana jika switch menerima alamat frame yang belum tertulis di tabel mac address?
Jika hal demikian terjadi switch akan mengirimkan pesan tersebut kepada semua host yang terhubung dengannya, pesan ini biasa disebut flooded message.. Setiap host akan membandingkan mac address tujuan di dalam pesan tersebut dengan mac address mereka sendiri, jika cocok pesan tersebut akan diproses dan kemudian host tersebut akan merespon ke pengirim.
Bagaimana tabel mac address di update?
Jika ada host yang belum terdaftar namanya di dalam tabel mac address, switch akan memperlajari mac address dari host itu ketika host baru tersebut memberi balasan terhadap flooded message yang dikirimkan, beserta dengan port kemana host tersebut terhubung

PERSAMAAN dan PERBEDAAN SWITCH dan HUB
APA PERSAMAAN dan PERBEDAAN SWITCH DAN HUB…????
Penjelasan dasar :
• Hub Alat penghubung atar komputer, semua jenis komunikasi hanya dilewatkan oleh hub.
• Switch Sebuah alat yang menyaring/filter dan melewatkan(mengijinkan lewat) paket yang ada di sebuah LAN.
• Router Alat yang bertugas untuk mengantarkan paket data dalam jaringan.
• Bridge adalah sebuah komponen jaringan yang digunakan untuk memperluas jaringan atau membuat sebuah segmen jaringanTerdapat tiga jenis bridge jaringan yang umum dijumpai:
Persamaan dan perbedaan HUB,SWITCH dan BRIDGE :
Hub dan switch mempunyai kecepatan transfer data sampai dengan 100 Mbps bahkan switch sudah dikembangkan sampai kecepatan 1 Gbps, Hub hanya mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Ini akan sangat berbeda dengan switch, di dalam switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu bridge. Jika suatu port terhubung dengan suatu device maka secara prinsipal setiap device akan bersifat independen terhadap device lainnya. Hub mempunyai kelemahan yaitu akan terus mengulang-ulang sinyal yang berupa paket data ke semua arah (jalur yang ada) walaupun sebenarnya paket data tersebut sudah diterima oleh komputer tujuan.Perbedaan lainnya lagi adalah bahwa 10/100 ethernet hub hanya bekerja secara half-duplex, ini artinya adalah sebuah device hanya dapat mengirim atau menerima data pada suatu waktu tertentu. Switch mampu bekerja secara full-duplex yang artinya mampu menerima dan mengirimkan data pada saat yang bersamaan Di dalam hub tidak ada proses apa-apa dalam menangani traffic jaringan. Hub hanya mengulang sinyal yang masuk ke seluruh port yang ada pada hub tersebut. Ini akan sangat berbeda dengan switch, di dalam switch setiap port berfungsi juga sebagai suatu bridge. Jika suatu port terhubung dengan suatu device maka secara prinsipal setiap device akan bersifat independen terhadap device lainnya..Perbedaan selanjutnya adalah Hub bekerja pada layer 1 OSI (fisik) sedangkan switch bekerja pada layer 2 OSI OSI (data link) terkadang 3 OSI (network).
Persamaan dan perbedaan SWITCH dan ROUTER :
Router menggunakan metode ’store and forward’. Sedangkan switch bekerja dengan cara on the fly switching. Router mengambil seluruh paket sebelum paket tersebut diteruskan ke tujuan. Metode store and forward membawa seluruh frame data ke dalam peralatan, yang kemudian di-buffer untuk dalam sebuah satuan waktu. Akan lebih jelas jika kita memperhatikan TCP/IP layers, seluruh frame header akan melewati layer data link kemudian dibawa ke layer di atasnya yaitu network layer untuk diketahui tipe dari frame nya. Baru kemudian diteruskan ke alamat network yang dituju melalui data link layer kemabli. Proses ini berlaku untuk seluruh frame yang melintas di router.Lain halnya dengan switch yang hanya mengambil 20 byte pertama dari sebuah frame. Karena switch tidak mengambil seluruh frame, namun hanya pada alamat tujuan (destination address) sebelum meneruskan frame tersebut ke alamat tujuan, maka network latency atau jeda (delay) yang terjadi akan menjadi lebih kecil dibandingkan dengan router.Perbedaan lainnya adalah Switch bekerja pada layer 2 OSI (data link) sedangkan router bekerja pada layer 3 OSI (Network)




No comments:

Post a Comment